SEKILAS INFO
: - Sabtu, 25-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / Informasi PPDB 2020/2021 lengkap telah tersedia, silahkan cek klik menu PPDB Online diatas
  • 1 tahun yang lalu / Pendaftaran LSP-P1 SMK Negeri 3 Kudus, info lengkap lihat pengumuman
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri 3 Kudus Terdiri dari 4┬áProgram Studi ; 1. Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, 2. Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, 3. Tata Busana, 4. Teknik Komputer dan Jaringan

SMK Negeri 3 Kudus memiliki 4 Kompetensi Keahlian, yaitu:
1. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
2. Teknik Komputer dan Jaringan
3. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
4. Tata Busana

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

praktik tune up/servis berkala

Berdiri sejak 2007, Kompetensi Keahlian TKRO dari program keahlian Teknik Otomotif ini memiliki 4 rombel di tiap tingkatnya.

Jurusan ini membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen-komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain (berwirausaha).

Pola pembelajaran TKRO telah distandarkan dengan dunia industri otomotif saat ini, serta telah membuka kelas industri bekerja sama dengan perusahaan otomotif nasional.

Lulusan TKRO telah banyak yang bekerja di perusahaan nasional maupun internasional seperti PT Astra, PT PAMA, Daihatsu, dan lainnya. Bahkan sebelum lulus, sudah banyak siswa TKRO yang telah diterima di perusahaan-perusahaan besar.

Teknik Komputer dan Jaringan

Bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, kompetensi keahlian TKJ adalah suatu jurusan yang mempelajari seluk – beluk IT, dunia komputer dan jaringan internet, seperti cara instalasi Sistem Operasi, menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, menangani jaringan, membuat WEB dan sebagainya. Sebuah bidang yang sangat dibutuhkan saat ini bukan?

Agar peserta didik kompeten di bidangnya, maka jurusan TKJ di SMK Negeri 3 Kudus telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai baik untuk penyediaan komputer maupun perangkat jaringan yang sudah disesuaikan dengan dunia kerja, seperti Mikrotik dan Cisco, serta membuka kelas industri bersama PT. Telkom.

Lab. fiber optik

Jadi, lulusan TKJ pun akan memiliki keterampilan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Selain itu, lulusan TKJ pun akan dibekali dengan keahlian era milenial seperti konten kreator, desain grafis, desain web dan sejenisnya.

Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Program Keahlian Agribisnis  Pengolahan Hasil Pertanian ( APHP ) adalah salah satu program studi  yang diselenggarakan di SMK Negeri  3 Kudus sejak tahun 2007.  Di APHP dipelajari tentang  penanganan dan teknologi pasca panen seperti pengolahan biji-bijian, serealia, umbi-umbian, daging dan perikanan  menjadi suatu produk yang mempunyai daya simpan lama beserta cara pengemasan dan pelabelannya sehingga bernilai jual tinggi.

Program Keahlian ini bertujuan:

  • membekali peserta didik agar mampu mengidentifikasi komoditas dan produk pangan,
  • memahami kaitan mutu dengan produk, mengolah bahan pangan menjadi berbagai produk pangan, mengemas produk, menjalankan kegiatan produktif dalam bentuk usaha mandiri ( wirausaha )  dibidang pengolahan pangan, menerapkan konsep berproduksi yang baik (Good Manufacturing  Practice) dan mengendalikan keamanan pangan.
  • dipersiapkan untuk menjadi tenaga terampil menengah dalam industri pengolahan hasil pertanian.

Di APHP peserta didik diajarkan mengolah hasil pertanian pangan menjadi sebuah produk berkualitas dengan standar industri. 

  • wirausaha penanganan dan pengolahan hasil pertanian dan turunannya
  • profesi teknisi untuk bidang  ( teknisi produksi/teknologi hasil Pertanian,
  • teknisi  pengemasan,penyimpanan dan penggudangan, teknisi pengendalian mutu produk dan laboratorium, supervisor di industri pengolahan hasil pertanian) .
siswa APHP setelah menyelesaikan uji kompetensi di LSP-P1 SMKN 3 Kudus

Tata Busana

Kompetensi Keahlian Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design di beberapa perguruan tinggi. Pada Kompetensi Keahlian ini siswa-siswi akan mempelajari teknik mendesain, membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion.

Tidak hanya soal memproduksi busana atau pakaian, disini siswa-siswi  juga diajari tentang analisa trend mode, bagaimana membuat hiasan busana, memperbaiki busana, keterampilan mengolah bahan dan aplikasi busana supaya lebih terlihat cantik, serasi, indah dan menarik. Biasanya, di akhir pendidikan siswa-siswi Tata Busana akan mengadakan fashion show/gelar karya sebagai tugas final mereka.

Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Ini?

Dunia mode selalu mengalami perubahan. Penting bagi industri pakaian untuk mengikuti trend yang berlaku agar pakaian produksi mereka laku dijual. Oleh karena itu, pakar di bidang desain mode dan tekstil sangat diperlukan oleh industri ini. Kalau kamu suka menggambar dan mendesain pakaian, seorang fashionista, ingin jadi desainer terkenal, boleh banget ambil program studi Tata Busana dalam pilihan mu.

Di SMK Negeri 3 Kudus, kamu akan belajar di ruang kelas dan praktik yang representatif, yang didesain mirip dengan dunia kerja sehingga kamu akan merasakan bagaimana atmosfer di dunia kerja sesungguhnya.

Lulusan Kompetensi Keahlian Tata Busana sebagian besar langsung diterima kerja di perusahaan tekstil, garmen dan industri fashion seperti PT Colombo, PT Ungaran Sari Garment.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMKN 3 KUDUS TP.2021/2022

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB SMK Negeri 3 Kudus