SEKILAS INFO
: - Sabtu, 25-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / Informasi PPDB 2020/2021 lengkap telah tersedia, silahkan cek klik menu PPDB Online diatas
  • 1 tahun yang lalu / Pendaftaran LSP-P1 SMK Negeri 3 Kudus, info lengkap lihat pengumuman
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri 3 Kudus Terdiri dari 4┬áProgram Studi ; 1. Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, 2. Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, 3. Tata Busana, 4. Teknik Komputer dan Jaringan

ARTIKEL

Pembelajaran Peserta Didik di Masa Pandemi

Oleh : Eny Mirawati

Pembelajaran peserta didik di masa pandemi bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik agar bisa mengikuti pembelajaran dengan guru/pengajar, khususnya pada mata pelajaran gambar teknik dan simulasi komunikasi digital.

Bagaimana peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dari rumah di masa pandemi pada mata pelajaran gambar teknik dan simulasi komunikasi digital ?

Pada tahun 2014 memanfaatkan aplikasi Edmodo (www.edmodo.com) sebagai akun antara guru dan peserta didik pada mata pelajaran KKPI/simulasi digital/simulasi dan komunikasi digital. Setelah mengikuti diklat simulasi digital selama 5 hari. Tahun 2020 bulan maret-mei memanfaatkan aplikasi ini mata pelajaran gambar teknik juga. Aplikasi ini belajar secara daring asinkron, karena untuk memberikan materi ajar, penugasan, dan kuis. Dapat mempermudah dalam melakukan penilaian dengan memberikan kuis di akun Edmodo.Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring baik secara sinkron maupun secara asinkron. Daring (dalam jaringan) secara sinkron maksudnya dilakukan secara online dengan tatap maya. Daring secara asinkron maksudnya dilakukan secara online dengan tidak tatap maya.

Seiring berjalan waktu, Peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan pemanfaatan aplikasi Microsoft Teams dari sekolah. Penggunaan aplikasi ini dimulai bulan maret tahun 2020 untuk pembelajaran semua mata pelajaran.

Peserta didik harus menginstall aplikasi Microsoft Teams agar bisa masuk pada setiap mata pelajaran. Hal ini diharapkan agar dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara daring sinkron maupun asinkron. Terbukti dengan peserta didik aktif melakukan absensi setiap ada pembelajaran berlangsung dengan tatap maya di ruang meet (sinkron), mempelajari materi yang diberikan bapak dan ibu pengajar dan mengirimkan tugas maupun mengerjakan soal pilihan ganda secara daring asinkron.

Solusi bagi peserta didik yang tertinggal saat pembelajaran daring adalah memberikan perpanjangan waktu agar peserta didik bisa mengerjakan tugas maupun soal kuis secara daring asinkron. Kendala menggunakan aplikasi Microsoft teams berat diakses untuk Handphone yang kapasitasnya masih kurang besar.

Pada awal tahun ajaran 2021/2022 direncanakan menggunakan aplikasi google classroom. Peserta didik harus menginstall aplikasi google classroom untuk mengikuti pembelajaran berkelanjutan pada masa pandemi dilakukan secara daring asinkron. Selain itu peserta didik harus menginstall aplikasi google meet untuk mengikuti pembelajaran secara daring sinkron dengan bapak dan ibu pengajar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik agar bisa mengikuti pembelajaran secara daring sinkron maupun asinkron pada masa pandemi.

Pembelajaran daring secara asinkron harus di dukung dengan pembelajaran daring sinkron dengan bapak dan ibu pengajar. Hal ini dilakukan dengan membagikan link untuk room meet kepada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara online.

Langkah penting bagi peserta didik sebelum mengikuti room meet bersama pengajar, sebaiknya peserta didik sudah mengetahui dan mempelajari materi yang akan disampaikan oleh pengajar pada saaat room meet. Tujuannya agar peserta didik aktif berinteraksi pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga pembelajaran berfokus kepada peserta didik.

Aplikasi pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik dengan dukungan bapak dan ibu pengajar dalam menyampaikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta dukungan dari pihak keluarga kepada anaknya untuk belajar dari rumah di masa pandemi. Selain itu sebagai pengajar harus mau terbuka dalam menyampaikan pembelajaran, mengetahui karakteristik peserta didik, dan mengikuti perkembangan teknologi dalam meningkatkan pembelajaran yang lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMKN 3 KUDUS TP.2021/2022

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB SMK Negeri 3 Kudus